.

.

Yang Terbaru

Fatwa Seputar Shalatnya Wanita SYARAT WANITA JADI IMAM

Fatwa Seputar Shalatnya Wanita, SYARAT WANITA JADI IMAM


Fatwa Seputar Shalatnya Wanita


SYARAT WANITA JADI IMAM
Apa syarat-syarat wanita bisa menjadi imam bagi sesama wanita di dalam shalat?
Jawab:
Samahatusy Syaikh Abdullah bin Humaid [Beliau adalah asy-Syaikh Abdullah bin Muhammad bin Abdil Aziz bin Abdirrahman bin Husain bin Humaid dari Bani Khalid. Lahir di Riyadh pada 1329 H dan wafat 1402 H. Kehilangan penglihatan di usia kanak-kanak tidak mengendurkan semangat beliau untuk menuntut ilmu. Beliau menimba ilmu dari ulama besar di negerinya, di antaranya asy-Syaikh Muhammad bin Ibrahim alusy Syaikh rahimahullah, mufti Kerajaan Saudi di zamannya. Semasa hidupnya, beliau diamanahi beberapa tugas dakwah yang dengannya beliau berkhidmat kepada Islam dan kaum muslimin. Semoga Allahsubhanahu wa ta’ala merahmati beliau dengan rahmat-Nya yang luasrahimahullah menjawab, “Apabila si wanita paling bagus dan paling pandai membaca Kitabullah, tidak ada larangan baginya menjadi imam para wanita sebagaimana lelaki [Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
يَؤُمُّ الْقَوْمَ أَقْرَؤُهُمْ لِكِتَابِ اللهِفَإِنْ كَانُوْا فِي الْقِرَاءَةِ سَوَاءٌفَأَعْلَمُهُمْ بِالسُّنَّةِ . فَإِنْ كَانُوْا فِي السُّنَّةِ سَوَاءٌفَأَقْدَمُهُمْ هِجْرَةً . فَإِنْ كاَنوُاْ فِي الْهِجْرَةِ سَوَاءٌفَأَقْدَمُهُمِ سِلْمًا
Yang mengimami suatu kaum adalah yang paling pandai membaca Kitabullah di antara mereka. Jika mereka semua-sama dalam hal membaca Kitabullah, maka yang jadi imam adalah yang paling berilmu tentang as-Sunnah. Jika mereka juga sama, maka yang paling dahulu berhijrah. Jika mereka sama dalam hal berhijrah, maka yang terdahulu masuk Islam.” (HR. Muslim)]. 
Dahulu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menyuruh Ummu Waraqah radhiallahu ‘anha mengimami orang-orang di rumahnya.”
(Fatawa Nur ‘ala ad-Darb, sebagaimana dinukil dalam Fatawa al-Mar’ah al-Muslimah fil ‘Aqaid wal Ibadat wal Mu’amalat walAdab, 1/419)

http://asysyariah.com/fatwa-seputar-shalatnya-wanita-2/

BELAJAR MANHAJ SALAF (channel & whatsapp BMS)
Situs kami :